Wednesday, February 25, 2009

Indosat M2...3.5G technology yang lebih hancur daripada gprs...

yup.
seperti judulnya. Indosat M2, internet murah meriah yang sudah diketahui banyak orang.
Terutama paket murahnya : unlimited 100rb. Dengan 100rb rupiah sudah bisa dapat internet sepuasnya selama sebulan. Kekurangannya yang langsung terlihat hanya speednya yang dibatasi maximum 256 kb (jadinya bukan speed full 3.5G yang bisa sampai >3 mbps), dan lagi setelah pemakaian quota 2 GB, maka speed akan turun jauh menjadi 64 kb.

Masalah speed yang dibatasi ini tentunya tidak terlalu masalah bagi pelanggan yang mencari internet murah. Tapi masalah utamanya adalah indosat tidak membatasi pelanggan sama sekali yang menyebabkan servernya tidak kuat menyerap sekian banyak koneksi yang dilakukan para pelanggannya. Jangankan berharap mendapat speed max 256 kb, atau 64 kb saja, bahkan untuk mendapatkan speed diatas 20 kb saja sudah sangat jarang. 

Hal ini sudah terasa di cengkareng sini berminggu-minggu, bahkan mungkin berbulan-bulan, dan paling parah dirasakan bulan ini. Speed paling bagus ya di pagi hari, itupun max 20 kb. Siang hanya bisa untuk sedikit kirim-kirim email hingga sore jam 3 sudah agak sulit untuk browsing. Untuk malam hari di atas jam 6, jangan berharap bisa connect.  Puncaknya hari sabtu siang kemarin, boro-boro mau internet, connect aja 5 detik kemudian langsung putus lagi.

Alhasil, langsung lah sore itu juga dibawa ke indosat untuk dimatikan. Tapi yang benar-benar membuat prihatin, di sore itu banyak sekali antrian calon pelanggan baru indosat yang apply untuk pasang internet. Jadi internet yang sudah sekian hancurnya bahkan untuk browsing pun tidak cukup itu masih dijual juga oleh indosat tanpa memikirkan kemampuannya dan kepuasan pelanggan sama sekali.

Hal yang paling terasa adalah cust service nya pun sudah maklum dengan hal ini. Ketika mau menutup nomor, seperti biasa, cust service pun menanyakan kenapa mau ditutup. Saya jawab dengan enteng "habisnya untuk browsing aja udah susah". Setelah mendengar jawaban itu, cust service sama sekali tidak berusaha untuk menahan supaya tidak ditutup atau merespon apapun. Sepertinya memang sudah maklum dengan keadaan itu.

Sayang sekali. Indosat yang dulu sangat saya percaya bertahun-tahun (sejak masih pake internet cablevision) dan bisa memberikan service baik, rupanya sekarang sudah sehancur ini. Well, good bye indosat.

Wednesday, February 11, 2009

Kualitas lulusan IT sekarang.....

Ada apa dengan lulusan IT (atau mungkin boleh dibilang lulusan IT khusus programmer) sekarang ini ?
Yang saya rasakan kualitasnya benar-benar menurun.
Pendapat ini didapat dari pengalaman meng-interview langsung cukup banyak lulusan IT dan juga dari diskusi dengan kenalan-kenalan dari perusahaan lain.
Let's see.. sampai sekarang mungkin saya sudah memanggil lebih dari 100 orang lulusan IT dari binus dan bsi, dan beberapa orang dari universitas lainnya.
Sekitar 30% tidak datang untuk interview tanpa alasan/notice apapun mencerminkan attitude lulusan sekarang kurang bagus. Seharusnya jika karena satu dan lain hal menyebabkan anda tidak bisa datang interview atau memutuskan untuk tidak datang, kan bisa memberitahukan lewat telp (umumnya kan di telp ke hp, dan harusnya tercantum nomor telp darimana saya melakukan telp).
Sisanya yang sudah di interview, mungkin kira-kira hanya 5% yang mampu mengerjakan soal/test yang diberikan sebanyak 50% (artinya soal/test sederhana/basic yang diberikan tidak mampu diselesaikan semua, bahkan yang diselesaikan pun umumnya tidak ada yang diselesaikan dengan baik), tetapi 90% dari yang diinterview sekarang meminta gaji tinggi (tidak sesuai dengan kemampuan sama sekali).
Ok lah kalau memang mengharapkan gaji tinggi, tapi cobalah didukung dengan kemampuan yang ada.
Memang tidak ada kemampuan programming dan harus diajarkan dari awal sama sekali ? Kok bisa ? Anda memegang gelar sarjana komputer atau madya (jika d3) lulusan universitas cukup ternama dan di bidang IT.  Jika memang tidak ada kemampuan, kok bisa lulus ? Berarti mungkin yang salah adalah universitasnya yang tiap tahun menaikkan harga per sks nya tapi tidak mampu mengajarkan mahasiswa/mahasiswinya dengan baik tetapi hanya mencari keuntungan saja ?
Terus terang kemarin saya mendengar bahwa sks di binus sekarang harganya 150rb, padahal waktu jamannya saya kuliah hanya 36rb/sks (yah, perbedaan tahunnya juga sudah 10 tahun sih). Wow, dengan harga yang jauh diatas jaman saya, kok lulusan yang dihasilkan seperti ini ? Bagaimana dengan IT yang dihasilkan 10 tahun lagi ya ? hmm.........

Thursday, February 5, 2009

Keributan di harmoni central busway.. 2 Feb 2009

Agak telat tulis beritanya..
tapi ini kejadian nyata.. penumpang transj ngamuk di harmoni karena gak ada busway lagi yang melayani malam-malam, padahal tiket sudah dibeli.

Jakarta - Gara-gara tidak ada bus TransJakarta yang mengangkut, ratusan penumpang koridor Harmoni-Kota terlantar di shelter Gajah Mada. Mereka pun mengamuk.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Senin (2/2/2008) petugas sebelumnya telah melayani pembelian tiket. 

Akan tetapi, karena sudah pukul 22.00 WIB tidak ada bus TransJ lagi yang melayani.

Para penumpang pun akhirnya beramai-ramai menghentikan bus TransJ yang melintas dan mendesak agar mengangkut mereka ke tempat tujuan. (irw/irw)

Ada juga cerita dari saksi mata langsung di forum kaskus :
Skrg pas jem 10:08..

ada keributan di harmoni central busway..
ampe ancur bgt!!

bahkan ampe polisi2 dateng bwat ngatur..
kata temen gw dia nanya ke polisinya..
katanya yg kemaren lebih parah!!

knp bisa ributh di harmoni..,
karena adanya keterlambatan ngangkut gituh dari harmoni..,
ke arah kalideres and ke arah kota..
jadi tuh pada marah2 gituh..
pada keki saking lamaaaaaaa bgt disituh..

knp mreka bisa marah2??
karena keterlambatannya itu dari jem setengah 9 malem ampe jem 10:10 malem..
akhirnya di harmoni pada ributh bgt..
dah rame sesek napas.. sempit2an.. bdiri.. harus nunggu lama gituh lg..

akhirnya harmoni ributh gituh..

nah..,
karena di harmoni central ituh ributh..
busway blakang ga mo turunin pnumpang di halte harmoninya..
dituruninnya pas di puterannya gituh..

ngamuk lah para pnumpang2 tersebut..
akhirnya turun semua deh..
manjat2 ke buswayna.., manjat2 ke haltenya biar ga bayar lg..
karena khan dituruninnya bkn pas di haltenya..
jadi pada ancur deh tuh central halte harmoni..

Photonya ternyata pas buswayna dah agak sepi gituh..
akhirnya diputuskan bwat ga di pajang deh..

dan beberapa saksi yang mengatakan memang banyak kejadian di busway mulai dari pelecehan seksual oleh kernet ataupun penumpang lain, penumpang yang tidak mau mengantri dan berdesak-desakan sehingga sering menyebabkan kecelakaan, kurangnya layanan busway, kekurangajaran satpam, kernet dan supir, supir merokok di dalam bus, dan banyak lagi kejadian lain yang semakin menguatkan bahwa manajemen busway tidak bagus, dan memang proyek gagal. Testi selengkapnya bisa dilihat di forum kaskus langsung : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1399998

Semoga pemerintah cepat sadar dan mengambil tindakan untuk membenahi manajemen busway ataupun mungkin sekalian saja meniadakan busway dan mengembalikan jalur busway menjadi jalan umum lagi supaya kemacetan lebih terurai.

Wednesday, February 4, 2009

Samsung SGH i780

Sekitar libur sincia kemarin cari2 hp baru yang bisa windows mobile, model bagus, ada qwerty keyboard, dengan harga terjangkau.
Agak sulit mencari hp dengan os windows mobile yang bagus dan murah.
Setelah tanya sana sini, liat sana sini, maka didapatlah 2 model hp merek Sony (kalu gak salah, salah satu tipenya M960, sedangkan yang satunya lagi tidak ada qwerty jadi gak ingat tipenya), LG KS20, Samsung SGH i780, beberapa merek iMate (tapi tidak direkomendasi sama tokonya karena katanya kurang laku) dan banyak model HTC.
Setelah tanya-tanya lebih detail, model HTC tidak direkomendasikan sama koko g karena di pekan baru rupanya banyak yang jual karena berbagai macam masalah, dan M960 terlalu besar modelnya.
Tinggallah LG KS20 dan Samsung SGH i780. Tapi seperti yang disebutkan diatas, karena LG KS20 rupanya tidak ada qwerty keyboardnya, maka pilihan jatuhlah pada Samsung SGH i780, bahkan setelah riset pasar (cieee), katanya samsung tipe ini laku keras dan merupakan tipe yang paling best buy.
Maka jadilah beli Samsung SGH i780 dengan harga 3.69 jt.
Apa saja yang didapat ?
- Qwerty keyboard
- touch screen + stylus tentunya
- 2 baterai dengan 1 charger portable (jadi gak perlu charge di hp)
- GPS
- wifi connectivity
- hsdpa support
- windows mobile os
- kabel sambungan ke pc
- earphone
- cd installer 
- Camera 2 mp
- Camera vga untuk video calling (belum kepake sih ampe sekarang secara di indo mah jangan diharapin d video calling)
- MicroSD 1 GB (edisi terbatas katanya)

Memang best buy untuk sekelasnya dimana bisa gps, dan dapat 2 baterai, charger portable dan tambahan memori card dengan harga yang relatif murah untuk pda phone seperti ini (kayanya yang ngalahin paling sony xperia yang sekarang masih di harga 7 jtan)

Setelah sekitar seminggu pemakaian, memang tidak mengecewakan. Layar besar (walaupun layarnya tidak umum untuk windows mobile dengan resolusi 320x320, padahal biasanya windows mobile mempunyai resolusi 240x320, yang menyebabkan banyak program/games tidak berjalan, tetapi ini tidak terlalu menjadi masalah dan sebagian besar bisa diatasi dengan menginstall realvga untuk mengubah resolusi), memory cukup besar dengan sudah memperoleh standar microsd 1GB tadi, baterai cukup cepat habis (sehari bisa ganti 2x, karena masih dimainkan seharian full untuk games, cobain koneksi wifi, gps, dll) tetapi tidak menjadi masalah dengan adanya 2 baterai dan charger portable.


Well, so far so good, dan sangat recommended buat yang mau mencari hp bagus, fitur cukup lengkap dengan os windows mobile dan harga terjangkau (di bawah 4jt).

5 minutes Management Course

Ini dari email dah lama sih. Moral ceritanya ada benernya, tapi jangan terlalu dimasukin ke hati.. buat have fun aja :)

Lesson 1: 

A man is getting into the shower just as his wife is finishing up her shower, when the doorbell rings.

The wife quickly wraps herself in a towel and runs downstairs.

When she opens the door, there stands Bob, the next-door neighbour.


Before she says a word, Bob says, 'I'll give you $800 to drop that towel.'

After thinking for a moment, the woman drops her towel and stands naked in front of Bob, after a few seconds, Bob hands her $800 and leaves.


The woman wraps back up in the towel and goes back upstairs.

When she gets to the bathroom, her husband asks, 'Who was that?'

'It was Bob the next door neighbour,' she replies.


'Great,' the husband says, 'did he say anything about the $800 he owes me?'

Moral of the story:


If you share critical information pertaining to credit and risk with your
shareholders in time, you may be in a position to prevent avoidable exposure.


Lesson 2:


A priest offered a Nun a lift.

She got in and crossed her legs, forcing her gown to reveal a leg.

The priest nearly had an accident.

After controlling the car, he stealthily slid his hand up her leg.


The nun said, 'Father, remember Psalm 129?'

The priest removed his hand. But, changing gears, he let his hand slide up her leg again.

The nun once again said, 'Father, remember Psalm 129?'


The priest apologized 'Sorry sister but the flesh is weak.'

Arriving at the convent, the nun sighed heavily and went on her way.

On his arrival at the church, the priest rushed to look up Psalm 129. It said, 'Go forth and seek, further up, you will find glory.'


Moral of the story:

If you are not well informed in your job, you might miss a great opportunity.


Lesson 3:


A sales rep, an administration clerk, and the manager are walking to lunch when they find an antique oil lamp.

They rub it and a Genie comes out.

The Genie says, 'I'll give each of you just one wish.'


'Me first! Me first!' says the admin clerk. 'I want to be in the Bahamas, driving a speedboat, without a care in the world.'

Puff! She's gone.

'Me next! Me next!' says the sales rep. 'I want to be in Hawaii , relaxing on the beach with my personal masseuse, an endless supply of Pina Coladas

and the love of my life.'

Puff! He's gone.

'OK, you're up,' the Genie says to the manager.

The manager says, 'I want those two back in the office after lunch.'


Moral of the story:

Always let your boss have the first say.


Lesson 4


An eagle was sitting on a tree resting, doing nothing.

A small rabbit saw the eagle and asked him, 'Can I also sit like you and do nothing?'


The eagle answered: 'Sure, why not.'

So, the rabbit sat on the ground below the eagle and rested. All of a sudden, a fox appeared, jumped on the rabbit and ate it.

Moral of the story:


To be sitting and doing nothing, you must be sitting very, very high up.




Lesson 5


A turkey was chatting with a bull.

'I would love to be able to get to the top of that tree' sighed the turkey, 'but I haven't got the energy.'


'Well, why don't you nibble on some of my droppings?' replied the bull. They're packed with nutrients.'

The turkey pecked at a lump of dung, and found it actually gave him enough strength to reach the lowest branch of the tree.


The next day, after eating some more dung, he reached the second branch.

Finally after a fourth night, the turkey was proudly perched at the top of the tree.

He was promptly spotted by a farmer, who shot him out of the tree.


Moral of the story:

Bull Shit might get you to the top, but it won't keep you there.


Lesson 6


A little bird was flying south for the winter. It was so cold the bird
froze and fell to the ground into a large field.


While he was lying there, a cow came by and dropped some dung on him.

As the frozen bird lay there in the pile of cow dung, he began to realize how warm he was.

The dung was actually thawing him out!


He lay there all warm and happy, and soon began to sing for joy.

A passing cat heard the bird singing and came to investigate.

Following the sound, the cat discovered the bird under the pile of cow dung, and promptly dug him out and ate him.


Morals of the story:

(1) Not everyone who shits on you is your enemy.

(2) Not everyone who gets you out of shit is your friend.


(3) And when you're in deep shit, it's best to keep your mouth shut!


THUS ENDS THE FIVE MINUTE MANAGEMENT COURSE